Kunci pintu yang memiliki fungsi utama sebagai perlindungan rumah tentu harus di pilih secara hati-hati. Kunci sebagai pembatas hak akses untuk masuk rumah ini harus memiliki keunikan dan aman dari tindak kejahatan. Sehingga dalam pembelian dan pemilihan tipe serta bentuk kunci pintu rumah harus hati-hati dan teliti. Berikut ini beberapa tips untuk memilih kunci pintu rumah.Jasa Bangun Rumah Jogja

  • Produk, setiap kunci pasti memiliki merek dari pabrik pembuatnya. Pastikan kunci yang Anda beli memiliki kualitas produk yang baik. Perhatikan mutu produk, baik dari segi kekuatan, ketahanan, keawetan kunci, jenis material dll. Anda dapat mencari keterangan ini di balik kemasan produk, selain itu juga dapat mencari di media internet dan bertanya kepada tetangga, rekan, atau keluarga Anda. Hati-hatilah saat memilih produk karena ada beberapa kunci di pasaran yang melampirkan spesifikasinya kurang jelas. Untuk lebih memastikan kualitas produk, carilah penjual yang berani memberi garansi atau jaminan terhadap produk kunci yang mereka jual.
  • Harga, Pastikanlah harga sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan. Hindari harga yang terlalu murah ataupun yang terlalu tinggi. Perbedaan harga dapat diakibatkan oleh perbedaan material dan proses pembuatannya. Jika Anda rasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi, pastikan Anda mengetahui material pembuat produk tersebut, sesuaikan dengan perkiraan dan tingkat kerumitan dari kunci itu sendiri. Terkadang, ada kunci yang terlihat berbentuk sama, namun harga berbeda. Anda dapat melihat juga dari asal pembuatan prodak tersebut.
  • Untuk desain kunci, sesuaikanlah dengan jenis atau desain dari pintu rumah Anda. Sehingga tercipta keselarasan antar kunci dan desain pintu yang ada. Karena banyaknya bentuk, model, tipe, dan bahan kunci yang beredar di pasaran, Jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi kepada tukang atau penjual kunci tersebut. Paparkanlah kondisi pintu atau desain pintu rumah Anda, biasanya ini akan terlihat mencolok perbedaanya saat Anda membeli kunci untuk pintu kamar dengan kunci untuk pintu utama. Selain dari segi tampilan, pastikn juga kunci yang Anda beli sesuai dengan tipe pintu, apakah daun pintu rumah anda double atau tunggal. Geser atau dorong tarik.
  • Bahan dasar kunci, sesuaikan bahan dasar kunci dengan lingkungan rumah Anda. Jika lingkungan cinderung lembab terutama di daerah pantai atau dekat laut yang udaranya mengandung air laut. Pastikan bahan dasar kunci rumah Anda tidak mudah berkarat.

Demikianlah artikel tentang kunci dan pempilihannya, semoga artikel ini bermanfaat. Pastikanlah rumah Anda aman dengan memilih kunci yang tepat dan tidak mudah di bobol. Salam.