Material utama yang selalu hadir di setiap bangunan rumah, pasir menjadi kebutuhan dan material pokok untuk pembangunan. Hampir semua kontruksi bangunan rumah tersusun dari material yang satu ini. Di bidang bangunan, pasir digunakan untuk menimbun dan menjadi media campuran untuk kontruksi lainnya. dengan ukuran rata-rata butiran pasir dan kandungannya, pasir yang berasal dari alam ini memiliki beragam fungsi. Berikut ini macam jenis pasir yang sering digunakan untuk material bangunan berdasarkan fungsi dan tujuan pasir tersebut.

Berdasarkan fungsi dan tujuannya, berikut ini jenis pasir yang secara umum dikenal di masyarakat.


Pasir urug


Jasa Bangun Rumah JogjaKarakteristik dari pasir urug atau pasir yang digunanakan untuk menimbun jalan, pondasi, dll ini memiliki tekstur yang kasar dan masih banyak tercampur material lainnya semisal batu krikil. Material yang tercampur di pasir urug ini bergantung dari asal pasir itu di ambil. Biasanya, pasir urug ini berasal dari penambangan di sungai atau sering juga berasal dari sisa penyaringan untuk pasir jenis lainnya. Karena tujuannya untuk menimbun, maka jika terdapat bebatuan atau material keras lainnya tentu tidak jadi masalah. Tetapi, terkadang ada bebearpa potongan atau sisa pelapukan kayu yang perlu kita singkirkan. Karena, kayu atau material lain yang bersifat rapuh ini dapat mengurangi kualitas urugkan dan kepadatannya. Pembusukan atau pelapukan kayu ketika di dalam urugkan akan menyebabkan penurunan pada tanah bangunan Anda. Harga pasir urug ini lebih murah dari jenis lainnya.


Pasir Pasang


Jasa Bangun Rumah JogjaMemiliki karakteristik yang halus, pasir pasang ini sering digunakan untuk campuran kontruksi bangunan. Terutama yang sering terlihat adalah penggunaan pasir pasang untuk campuran perekat “luluh, adukan, atau adonan”. Campuran pasir ini dengan semen dapat digunakan untuk pemasangan kramik, perekat bata atau material dinding lain. Pasir ini juga sering dijadikan alternatif untuk menggantikan pasir beton. Walaupun banyak terkadung material lain seperti bebatuan kecil yang terkandung di pasir ini, Namun tidak menjadi masalah jika digunakan untuk alternatif pengganti pasir beton. Tetapi, tentu secara hitung-hitungan teknik, akan ada perbedaan dari segi kualitas.


Pasir beton


Jasa Bangun Rumah JogjaSering disebut juga pasir cor, karakteristiknya memiliki butiran yang lebih kasar dan terasa kerjas saat di gengam. Saat gengaman di lepaskan, pasir terurai dan tidak menggumpal dalam kondisi kering. Direkomendasikan untuk hasil cor yang maksimal, kandungan lumpur dari pasir ini kurang dari 5%. Ada dua warna dari pasir ini yang sering kita lihat, ada yang berwarna putih dan hitam. Warna ini tergantung dari daerah asal pasir. Lebih baik memilih pasir jenis ini yang berasal dari sungai karena kandungan lumpurnya yang lebih sedikit.


Jasa Bangun Rumah JogjaMasih banyak jenis pasir yang berbeda-beda di setiap daerah. Material yang bergantung pada alam ini tentu akan dipengaruhi dari sisi geografis. Sering kali, atau secara umum biasanya masyarakat hanya mengenal dua jenis pasir, pasir urug dan pasang. Karena jenis pasir ini yang paling sering digunakan, serta memang dapat mejadi alternatif selama disesuaikan dengan proses pengayakan. Keputusan ada di tangan Anda, dan tukang atau kontraktor biasanya hanya dapat merekomendasikan. Kenalilah jenis pasir yang ada di daerah Anda, konsultasikan untuk hasil yang terbaik. Selain itu, tips tambahan saat membeli pasir pilhlah jasa yang tepat, terlebih lagi orang yang sudah Anda kenal. Anda juga dapat menanyakan atau meminta rekomendasi dari tukang atau kontraktor yang Anda percaya untuk membangun rumah. Biasanya, jika seseorang telah berlangganan, dapat nego-nego dengan volume pasir yang di lebihkan. Jika ini merupakan pembelian kali pertama, pastikan volume pasir di truk penuh dengan pasir.