Plafon menjadi elemen pendukung yang dapat mempercantik ruangan rumah. Dalam desain interior, keunikan dan keindahan tatanan plafon akan diperhatikan, warna serta bentuk ataupun coraknya akan disesuaikan dengan tema ruangan. Ada banyak jenis plafon yang dipasarkan, dengan menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulannya. Pada artikel kali ini kita akan membahas Keuntungan Menggunakan Jenis Plafon PVC.

Tujuan utama plafon atau fungsi dari plafon yang utama adalah menutupi bagian bawah atap, melindungi ruangan dari kotoran yang jatuh dari atap atau kontruksinya, serta menghambat panas yang masuk ke ruangan. Plafon dari bahan PVC ini menjadi alternatif baru untuk perlindungan dan interior rumah Anda. Berikut ini keuntungan dan keunggulan dari plafon PVC.

Jasa Bangun Rumah Jogja

  • Anti Rayap. Salah satu kelemahan plafon model lama adalah ketahanannya. Terutama plafon yang berasal dari bahan kayu, akan mudah rusak dan rapuh akibat rayap. Dengan menggunakan plafon PVC ini, Anda tak perlu khawatir lagi tentang rayap, Plafon PVC akan dapat bertahan lebih lama dibanding plafon berbahan kayu.
  • Tak mudah pecah. Dengan pori-pori yang rapat dan kuat, material PVC ini akan membuat plafon tidak mudah retak atau pecah. Tentunya hal ini akan menambah daya tahan dari plafon rumah, serta mempermudah proses pemasangan. Sebagai investasi jangka panjang, pilihlah plafon PVC yang memiliki ketebalan setidaknya 8mm.
  • Tak menyerap air dan aman dari rembesan. Bahan yang bersifat anti air, akan memberikan keuntungan lebih dari plafon jenis ini. Menutupi kekurangan jenis plafon pendahulunya, yang mudah rusak akibat terkena air atau lembab, plafon jenis ini justru dapat menjadi perlindungan ekstra ruangan Anda jika ada atap yang bocor.
  • Instalasi atau pemasangannya lebih mudah. Seperti sudah di singgung sebelumnya, plafon jenis ini lebih mudah di pasang karena bahan polyvinyl chloride yang elastis seperti plastik dan lebih ringan, sehingga akan memudahkan saat proses instalasi.
  • Tapilan yang di hasilkan juga unik, Sampai saat ini, penggunaan plafon jenis ini masih jarang. Sehingga rumah Anda akan tampak unik jika memilih plafon ini.

Secara prinsip, plafon PVC dan Gypsum memiliki fungsi yang sama, jika di lihat dari sisi kekuatan, gypsum masih lebih unggul. Namun, untuk jangka panjang plafon pvc akan terlihat lebih unggul. Berbeda dengan plafon jenis gypsum yang terdapat beragam variasi bentuk, salah satu kekurangan dari plafon PVC adalah variasi yang ditawarkan. Sehingga plafon jenis ini sangat pas dan cocok untuk rumah yang bertipe Minimalis moderen. Kesimpulannya, plafon jenis PVC ini sangat cocok baik untuk interior maupun eksterior rumah. Dengan beragam manfaat yang telah disebutkan di atas, ditambah mampu menahan panas serta menambah nilai artistik rumah.
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda dalam memilih plafon rumah. Salam.